Baiklah tidak usah berlama-lama dan berbasa-basi lagi berikut ini saya hadiahkan sebuah artikel "Review komplit new Vixon……handling menjadi nilai jual tak terkalahkan!" yang saya ambil dari iwan banaran. atau untuk lebih jelasnya bisa langsung ke iwanbanaran.com
Langsung ke TKP Artikel Review New V-ixion 2013 terlengkap yang tanpa saya tambah dan kurangi.
Review komplit new Vixon……handling menjadi nilai jual tak terkalahkan! Desember 31, 2012

Setelah hanya secuil-cuil merilis artikel Vixion Lightning….pada artikel kali ini, IWB akan coba jabarkan dalam impressi komplit. Mulai dari ergonomi riding, handling, respon engine, hingga braking yang sekarang sudah dibekali double disk brake. Paket anyar yang mendapatkan sentuhan disegala sektor khususnya kaki-kaki. Seperti apa??….
Ergonomi Riding & Style
Untuk ergonomi….gen baru rada nunduk
namun tetap nyaman untuk bermanuver atau melaju santai. Seat height
secara feeling juga sedikit meningkat…..rodo dhuwur kangbro. Dengan tinggi 170cm….telapak kaki tidak bisa menapak sempurna (opo sikilku terlalu pendek ya
). Yah….kira-kira berbanding tipis dibanding sikebo Byson.
Asyiknya….sensasi yang ditawarkan ketika nongkrong diatas new Vixion
adalah atmosphere high end. Hal ini dikarenakan kontur tanki,
instruments panel speedo desain yang keluar dari pakem yang telah ada.
Secara style…IMHO lightning sukses membuat terobosan baru. Monggo mzbro
intip kunci kontak & cover pemanis ditanki, cover tank flat design
plus bentuk speedo digital yang kompak. Hasilnya??. It works. Kita seperti disodori motor high class modern.…
Inilah kelebihan rata-rata motorsport Yamaha. Soal finishing perkomponen jika IWB perhatikan cukup rapi. Komponen material juga tebal tidak kuatir terjadi vibrasi dimasa datang. Mulai dari shroud, kondom tanki depan, cashing samping….semua terikat kencang. Kecuali mungkin bagian plastic muffler cover/penutup knalpot yang sedikit tipis sehingga lentur ketika ditekan menggunakan tangan. Entahlah….mungkin disengaja supaya kuat menahan tekanan atau memang untuk menekan biaya produksi. IMHO…sisi ini kurang tebal dibanding part lain. Namun overall….ciri khas Yamaha tetap dipertahakan untuk finishing/build quality yang masih diatas rata-rata….
Engine & Perfomance
Rupa sama namun feel beda…itulah yang IWB
bisa rasakan. Tarikan bawah mesin generasi anyar terasa lebih nampol.
Dalam pengetesan yang IWB lakukan, new Vixon betul-betul dipaksa bekerja
berat. Dijalanan ibu kota yang panas serta macet….tidak jarang kuda
besi SOHC 4 klep tersebut IWB betot-betot hingga red line untuk menggali
kelebihan dan kekurangan gen anyar. Jujur….untuk ukuran mesin 150cc
motor ini memang juoz!. Tidak heran penjualan laris manis bak kacang
goreng. Power terus ngisi ketika shifting pergigi, accelerasi spontan
tanpa perlu buka gas dalam, power pick up superior membuat passing
ability IWB beri nilai plus, vibrasi yang rendah pada tiap RPM dan yang
terpenting adalah kestabilan performa kendati sudah dipakai geber-geberan…
Prediksi ban gambot akan mengebiri
kekuatan Vixion ternyata juga tidak terbukti sebab torsi badak sikuda
besi cukup terasa pada tiap tendangan RPM. Dalam testing yang IWB
lakukan….engine new Vixion galak dari putaran bawah hingga RPM 8500
(kecuali gear 1-4 yang cukup mudah tembus RPM 10.000). Top speed terbaik
yang sukses IWB lakukan yakni tembus 125km/jam dengan posisi RPM
nongkrong diangka 9800RPM (video menyusul). Prediksi IWB…..secara
standart dengan joki lebih kecil serta nunduk full….IWB yakin
siLightning akan dengan mudah meraih speed 130km/jam. Great perform jika
mengintip ban gambot yang disematkan pada sikuda besi (90/80-17 Front,
120/70-17 Rear)…
Ride and handling
Nah…ini nih yang IWB demen. Perombakan
bagian kaki-kaki ternyata berefek lumayan signifikan. Generasi anyar
jauh lebih anteng serta pede. Mau sampeyan rebah sampai lutut gesek
aspal (asal nyali berani
), motor nurut aja tanpa ditemui gejala goyang. Karakter sikebo Byson
bisa IWB rasakan pada new Vixion. Malahan….dibeberapa sektor seperti
high speed cruiser (diatas 100km/jam)….Byson kudu mengaku keunggulan
saudaranya. Stang Vixion antep dan anteng. Yup, akibat sasis yang jauh
lebih rigid….urusan handling new Vixy kini menyalip sikebo.
Bahkan….kalau boleh jujur, new Vixy cukup pantas disejajarkan dengan
Ninja ataupun Pulsar. Sebuah langkah maju dan nilai jual tak
terbantahkan……

Sudah menjadi ciri khas Yamaha perangkat
rem mereka empuk dan pakem. Apalagi untuk menghentikan laju sikuda besi,
YIMM kini membekali produknya dengan double disk brake.
Uniknya….karakter rem belakang rada beda dengan rem Yamaha kebanyakan.
Terasa kurang pakem brosis. So….yang bekerja berat memang lebih ke porsi
kaliper depan dibanding belakang. Namun…secara keseluruhan, terdapat
kemajuan dibanding generasi lawas yang hanya mengandalkan tromol……
Kesimpulan
Jelas generasi anyar lebih unggul
dibanding pendahulunya. Ketika teknologi tahun 2007 disempurnakan di
2012….maka perombakan new Vixion bukanlah hanya kosmetik belaka
(silahkan dibuktikan dengan nyemplak diatasnya untuk merasakan). Berikut
kompilasi keunggulan yang bisa IWB rasakan untuk sang Lightning :
1. Passing ability meningkat (torque terdongkrak hingga 14.1NM)
2. Handling diatas rata-rata (revisi swing arm, pelk dan ban)
3. Irit komsumsi bahan bakar (artikel menyusul)
4. Engine sudah close loop atau dibekali 02 sensor (siap menyongsong Euro3)
5. Sensor speed langsung ke engine secara digital….bukan poros roda depan
6. Dibekali passing switch untuk memudahkan shortcut lampu “Beam”
7. Ukuran pelk dan ban termasuk gambot sehingga tidak perlu memodifikasi kembali.
8. Minim vibrasi
9. Power pick up mumpuni
10. Garansi pabrikan 5 tahun untuk blok dan silinder (forged piston dan diasil silinder).
11. Untuk boncengan….tidak terjadi penurunan accelerasi ataupun handling.
Tentu saja tidak ada produk yang sempurna. Dimata IWB berikut beberapa catatan kekurangan setelah nyemplak selama seminggu…..
1. Desain rear grip tidak memungkinkan
tangan mencengkram sempurna (hanya mengandalkan kekuatan ujung jari).
Butuh tenaga lebih untuk menggeser atau mengangkat bokong belakang.
2. Masih ditemui capek dan pegal pada telapak tangan ketika dipakai jarak jauh.
3. Knob “horn” atau tombol klakson terlalu kecil dan tersembunyi.
4. Material mika kaca speedo gampang scratch kalau tidak hati-hati.
Selebihnya…..monggo dilengkapi sendiri
setelah sampeyan tes atau memiliki langsung. Tidak diragukan….dengan
banderol 22,6juta OTR Jakarta (versi kick starter)….new Vixion memang
layak untuk dipertimbangkan. Mesin irit, bertenaga dan handling stabil. Any question??..….(iwb)



Demikianlah tadi sedikit informasi New V-ixion 3013 dan semoga informasi motor sport yamaha 150cc ini bermanfaat untuk sahabat semua
pucanglaban.com informatif, kompetitif dan kreatif bersama berbagi ilmu dan pengetahuan.
posted by: Khoirul Anwar







0 komentar :
Post a Comment
kritik dan saran serta komentar yang membangun, sangat kami hargai.