Well, sesudah kedua motor sport ini terjun ke pasaran saya mencoba mengulas komparasi head to head keduanya dari berbagai segi diluar variabel banderol harga yang memang sangat super mepet. Komparasi ini mudah-mudahan bisa membuat potensial buyer bisa melihat value dari keduanya secara jelas dan gamblang sehingga bisa menentukan motor sport yang mana yang paling pas dengan kebutuhannya.

OK kita mulai dari bagian depan yakni sektor headlamp V-ixion vs CB150R

Kita lanjut ke desain speedometer yang diusung kedua motorsport ini, walau sudah sama-sama menggunakan speedometer digital dan memiliki fungsi sama, namun desain milik New Vixion terlihat lebih mendekati model-model moge sehingga lebih enak dilihat. Sedangkan CB150R desainnya masih kurang mengikuti model. Untuk itu saya beri nilai 1 untuk speedometer New Vixion.So, skornya menjadi imbang 1:1

Lanjut ke area tanki, dari desain keduanya mengusung model yang berbeda, New Vixion desain tangkinya terlihat moge look dengan model penutup tangki rata. Sedangkan CB150R desain tangkinya tidak terlalu besar dan masih menggunakan penutup tangki model konde. Untuk ini saya beri nilai 1 untuk New Vixion ketimbang CB150R alias gacoan garputala ini mengungguli sayap mengepak 1:2

Turun sedikit ke wilayah shroud, desain shroud New Vixion menurut saya kurang match dengan tangki dan desain motor secara keseluruhan, agak kebesaran atau mungkin kurang ke bawah. Berbeda dengan CB150R desainnya sedikit minimalis dan masuk dengan desain tangkinya yang lebih mungil dari New Vixion, untuk sektor ini saya memberikan penilaian 1 ke CB150R ketimbang New Vixion. Kembali imbang 2:2

Mundur lagi ke arah buritan, disini desain milik Vixion terkesan lebih racy, meruncing seperti trend N250R, sedangkan CB150R desainnya masih model lawas, dan ada kemiripan dengan desain buritan dan stoplamp old Vixion, untuk point ini saya kasih nilai 1 untuk New Vixion. Nyalip lagi deh si V-ixi 2:3

Lanjut ke sektor kaki-kaki, New Vixion sudah menggunakan ban depan ukuran 90/90-17 dan belakang 120/70-17 didukung velg tapak lebar yang menambah kestabilan saat rebahan dan melaju di kecepatan tinggi. Sedangkan CB150R masih mempertahankan ukuran ban apa adanya seperti generasi New MegaPro, ban belakang hanya berukuran 100/90-17. Tak dipungkiri penggunaan ban gambot menambah kesan gagah dan searah dengan mindset konsumen yang menginginkan penampilan moge wannabe. Untuk kaki-kaki saya memberi nilai 1 untuk New Vixion.Semakin didepan 2:4

Lanjut ke sektor knalpot, New Vixion sudah keluar dari model knalpot konvensional dengan memberi baluran cat cover knalpot berwarna hitam dan ujung knalpot diberikan sentuhan cover. CB150R masih menggunakan model knalpot mirp miliknya NMP hanya modelnya membulat dan desainnya model midship. Untuk sektor ini biar adil kudu bisa mendengarkan suara milik CB150R seperti apa, sedangkan Vixion saya sudah mencobanya dimana suara lebih ngebass ketimbang versi lawas. Karena itu sementara point 2:5

Nah yang terakhir dan agak susah mengkomparasinya kalau belum merasakan langsung sensasi performa mesin keduanya. Bicara mesin bagi saya adalah bicara performa, di atas kertas spesifikasi mesin CB150R cukup menjanjikan karena memiliki spek klep DOHC dan overbore 150cc. Jelas disini engine CB150R cukup menggairahkan bagi yang doyan performa. Sedangkan New Vixion masih mempertahankan mesin lawas walau ada sedikit perbedaan telah menggunakan O2 sensor dan sedikit penaikan power untuk mengimbangi penggunaan ban gambot. Namun informasi ini belum ada konfirmasi resmi dari YIMM tentang spek mesin New Vixion. Untuk sektor mesin walau belum bisa membandingkan keduanya secara nyata, namun di atas kertas bolehlah saya beri nilai 1 untuk CB150R. kagak mau ketinggalan nih si pendatang baru. skor 5:3
Dari 8 point yang saya komparasikan ini, siapakah motorsport yang terbaik diluar harga dari dua pabrikan besar di tanah air ini. Yuk kita hitung ulang
New Vixion = 5
CB150R =3
Masih sedikit lebih unggul New Vixion bro sis, hal ini sedikit berbeda dengan hasil polling keduanya di beberapa blog otomotif yang sudah divote. Memang desain itu adalah relatif, namun saya coba komparasikan 8 point tersebut berdasarkan mindset moge look, desain siapa yang lebih mendekati ke arah desain-desain standar di moge.
Last dengan banderol yang super mepet Honda CB150R OTR Jakarta Rp22,35juta dan New v-ixion OTR Jogjakarta RP22,4 jt siapakah yang akan menguasai pasar motor sport 150cc?
untuk mengetahui harga di daerah, semoga artikel Harga Honda CB150R diDaerah ini bermanfaat.
Monggo bro sis dikomentari dan semoga bermanfaat.
pucanglaban.com informatif, kompetitif dan kreatif bersama berbagi ilmu dan pengetahuan.
posted by: Khoirul Anwar
source: komparasi v-ixion vs CB150R




0 komentar :
Post a Comment
kritik dan saran serta komentar yang membangun, sangat kami hargai.